5 Contoh Games Outbound Melatih Kerjasama Anak – 0821 3147 2027

Contoh Games Outbound Anak

Kini outbound menjadi salah satu olahraga yang kian banyak digemari hampir semua kalangan. Mulai dari dewasa, remaja, bahkan anak anak. Kegiatan ini sangat bagus untuk anak anak karena dapat melatih motorik kasar, sportivitas, kedisiplinan, keberanian, kepemimpinan, dan masih banyak lainnya.

Memberikan pemahaman mengenai arti kerjasama pada anak-anak perlu dilakukan sejak usia dini. Melalui Contoh Games Outbound sederhana mereka akan lebih mudah memahami bagaimana manusia selalu membutuhkan bantuan atau pertolongan orang lain. Karena kita sebagai mahluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, setiap manusia selalu membutuhkan bantuan orang lain. Ketergantungan inilah yang melahirkan kerjasama. Dalam berbagai hal apabila dilakukan secara bersama-sama akan menjadi lebih ringan dan mudah untuk terselesaikan.

Sebenarnya dirumah pun anak juga bisa diajarkan mengenai kerjasama contohnya dengan melibatkan mereka didalamnya melalui aktivitas nyata seperti mengajak membereskan mainan, menyiram tanaman, membuat kue, dan sebagainya. Lebih menyenangkan lagi jika mengajarkan kerjasama melalui permainan yang juga melibatkan teman-teman seusia mereka. Kami memiliki banyak cara untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya kerjasama yang disesuaikan dengan usia anak-anak.

Berikut ini 5 contoh games outbound yang bisa mengajarkan pentingnya kerjasama :

  1. Halang Rintang

Cara bermainnya yaitu fasilitator menyiapkan semacam terowongan dari tali yang saling terkait membentuk jalan sepanjang kurang lebih 5 meter. Peserta harus melewati jalan tersebut dengan merangkak dan di tutup matanya harus menemukan bola. Tugas peserta kdua yaitu mengarahkan agar peserta pertama bisa melewati rintangan tersebut sampai finish dan mendapatkan bola  tanpa badannya tersentuh  tali.

Contoh Games Outbound

  1. Burung Dalam Sangkar

Pertama-tama peserta outbound dibuat dalam suatu lingkaran besar. Instruktur outbound memberikan aturan permainan dalam keadaan peserta posisi lingkaran besar. Bila instruktur berkata “3” dan “5’, artinya seluruh peserta membentuk kelompok, 3 orang berada di dalam lingkaran, sedangkan 5 orang berada di luar lingkaran. Bila instruktur berkata “2” dan “3” artinya seluruh peserta membentuk kelompok dengan 2 orang berada di dalam lingkaran, sedangkan 3 orang berada di luar lingkaran.Peserta yang tidak mendapatkan kelompok harus keluar dari permainan untuk mendapatkan hukuman ala outbound.Games ini dapat digunakan untuk mencari kelompok secara acak.. Game ini melatih konsentrasi dan kesigapan anak.

Contoh Games Outbound Kerjasama

  1. Transfer Media (estafet pimpong)

Memindahkan bola pimpong dari Orang Pertama ke Orang Selanjutnya dari dalam gelas plastik yang sudah di ikatkan di kepalanya ke dalam gelas plastik milik teman di belakangnya. Jika sudah sampai orang terakhir, maka dia harus memasukkan bola pimpong tersebut kedalam ember tanpa tersentuh tangan ataupun terjatuh keluar ember. Jika itu terjadi, maka permainan di ulang kembali dari orang pertama. Games ini melatih kesabaran dan juga kreatifitas anak

Games Outbound Anak

  1. Bubble Boom

Alat yang di gunakan yaitu bambu yang dikaitkan dengan 10 helai tali rafia yg sama panjang. 1 helai tali di pegang 1 peserta. Misinya yaitu bambu tersebut di ayunkan secara bersamaan hingga mengenai dan memecahkan balon yang ada di depannya. Dalam permainan ini peserta mendapat tantangan untuk menjaga keseimbangan dan kekompakan menjadi lebih besar. Karena jika dengan mengayunkan bambu nya tidak dengan kompak dan seirama maka pergerakan bambu tidak akan mampu mengenai dan memecahkan balon.

Contoh Games Outbound Anak

  1. Pipa Bocor

Misi permainan ini yaitu memasukkan air ke dalam pipa berlubang yang berisi bola. Karena terdapat banyak lubang pada pipa, air pasti akan keluar kembali melalui lubang tersebut. Tugas peserta lain yang harus menutup lubang-lubang itu dengan tangan agar air dapat cepat penuh dan bola bisa keluar. Game ini melatih kekompakkan saat bekerjasama, belajar bertanggung jawab pada tugas masing-masing serta rela berkorban. Permainan ini bisa dimainkan oleh semua usia.

Games Outbound Pipa Bocor

Kebanyakan games yang melatih kerjasama juga bisa dimainkan oleh hampir semua kelompok umur. Hanya tingkat kesulitan dan peraturan di setiap permainan yang membedakan antara anak-anak, remaja maupun dewasa. Mengajarkan pentingnya kerjasama mulai usia dini akan bermanfaat bagi kehidupan anak-anak ketika beranjak remaja dan dewasa. Kelak mereka bisa lebih peduli dengan orang lain serta lingkungan sekitarnya.

Info dan Reservasi Malang Outbound  PRO OUTBOUND :

Kantor : Jl. Dewi Sartika gg. 1E no 3/5 Kota Batu

Phone / WA  : 082131472027

Email kami : pro.outbound@gmail.com

Website kami : http://www.malangoutbound.com/

http://www.alat-outbound.com/